skip to main |
skip to sidebar
TIPS MEMPERBAIKI VESPA SAAT TOURING
- Mesin Tidak Dapat atau Sukar Di Starter
Langkah pertama adalah memeriksa sistem penyaluran bahan bakar dan sistem pengapian
- Sebab-sebab utama kerusakan
1. Mesin Banjir
2. Spuyer pada karbu tersumbat atau kotor
3. Saluran pada karbu tersumbat atau kotor
4. Kran bensin tersumbat atau kotor
5. Sistem pengapian terganggu
- Cara Penanggulangan
1. Tutuplah kran bensin, buka gas lebar2 da injak kick starter berulang-ulang sampai mesin hidup (dalam hal ini busi dalam keadaan terpasang)
2. Bila kick starter teras berat hal ini menunjukan bahwa sudah banyak bensin masuk kedalam ruang bakar bahkan karter. Penanggulangan nya sama seperti diatas namun busi dalam keadaan tidak terpasang jika bensin diperkirakan sudah terbuang maka pasang kembali busi dan selah sampai hidup
3. Jika diduga spuyer kotor maka bersihkan dengan bensin atau minyak tanah
4. Jika saluran karburator kotor maka bongkar karburator dan bersihkan
5. Gejala yang terlihat bila kran bensin kotor adalah sedikit atau tidak ada bensin yang keluar ke karburator, untuk membersihkannya kran bensin harus dilepas dari tangki
6. Gejala yang terlihat bila pengapian terganggu adalah busi tidak nyala atau nyalanya tidak normal ini ada beberapa kemungkinan : - Busi tidak sesuai atau tidak cocok, jika tidak sesusai gantilah dengan yg baru.
- Celah elektroda busi tidak tepat, setelah celah busi sampai dicapai ukuran yg sesuai.
- Kabel busi atau kepala busi aus, gantilah dengan yg baru
- KOndensor rusak, gantilah dengan yg baru
- Koil rusak, perbaiki atau ganti dengan yg baru
- Penyetelan pengapian tidak tepat, setelah celah platina atau atur saat pengapian
Eh mas brow scooterist juga yaa ?
BalasHapusatau petarung nii ?
udah punya jadwal acara akhir taun ini blum ?
iyaa mas.. kebetulan yaa...??? saya ptouring siih itu uga kalo pnya modal buat di jalan kalo nggak,mah kagak turun.. udh siiih dari tmn anak sukabumi.. agan uga scoterist yaa.. ?? anak mana gan..??
BalasHapus