Diberdayakan oleh Blogger.

Dasar Dasar Belajar HTML

Selasa, 17 Januari 2012



Apabila kalian ingin mempedalam sebagai seorang web desainer, maka paling tidak kalian harus mengenal istilah HTML, meskipun kalian tidak memahami bahasa program HTML, tetapi kalian tetap dapat membuat sebuah Website yang kalian inginkan dalam Microsoft Frontpage 2000
HTML atau Hypertext Markup Language adalah istilah pemerograman web dengan kode-kode yang disebut Tag. Web Browser yang kalian gunakan seperti Internet Explorer akan menerjemahkan kode-kode progam tersebut menjadi teks grafik. Fungsi HTML adalah perekat yang menyatukan semua halaman web yang tidak memerlukan compiler atau alat khusus. Selain menggunakan halaman HTML yang telah di sediakan oleh Microsoft Fronpage, kalian juga dapat menuliskan kode-kode program HTML melalui program notepad. Microsoft FrontPage 2000, untuk melihat dapat klik tab HTML.sebagai contoh kalian dapat melihat gambar 5.25 isi HTML latihan yang penulis lakukan diatas.
Kalian dapat belajar tentang bahasa HTML lebih jauh untuk mendapatkan sebuah Website yang lebih interaktif dan komunikatif di bawah ini beberapa sarat belajar tentang HTML.
HTML adalah bahasa yang sangat tepat di pakai untuk menampilkan informasi pada halaman web karena HTML menampilkan informasi dalam bentuk Hypertext dan juga mendukung sekumpulan perintah yang dapat di gunakan untuk mengatur tampilannya informasi tersebut.seseuai dengan namanya, bahasa ini menggunakan tanda (markup) untuk menandai perintah-perintahnya.
Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat di gunakan untuk membuat webpage secara mudah, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Golive dan lainnya. Namun demikian untuk seorang web harus memilki kemampuan dasar menguasai perintah HTML. Adapun lamgkah-langkahnya:
1)      Kalian memerukan teks editor untuk mengetikan HTML kalian. Klik Start kemudian program klik Accessories, lalu pilih notepad.
2)      Kalian membutuhkan sebuah web browser untuk mempublikasikan HTML kalian. Kalian dapat menggunakan Microsoft Internet Xplorer
3)      Kalian membutuhkan tempat penyimpanan. Gunakan Harddisk, atau Webserver kalian tidak harus bekerja online dengan Internet, kalian dapat menulis HTML kemudian menggunakan Web browser secara Offline di computer.
a)         Struktur dokumen
Di bawah ini adalah struktur dari dokumen HTML, buka notepad kemudian ketikkan teks di bawah ini.
contoh1.htm
Kepala atau kop dokumen

Isi dokumen
Setelah selesai kalian simpan dengan klik file kemudian pilih sub menu save. Akan muncul kontak save yang akan menyimpan dokumen. Lalu ketikkan lat 1. Html. Pada kotak yang paling bawah kalian dapat melihat “save file as type”. Default nya adalah .txt, jadi kalian harus mengubahnya ke All file (*.*). Lalu kalian dapat mengklik save.
Bukan Microsoft Intenet Explorer dengan menglik start, program lalu pilih Internet exploler akan terbuka lalu kalian dapat memilih menu file, open lalu cari lokasi lain di disket kalian. Setruktur di apit oleh tag dan dan menunjukan judul dari halaman web bagian kedua yang di apit dan < /BODY> berisi dokumen atau \informasi yang hendak di sajikan
b)      Heading di gunakan untuk menampilkan nama bab atau bagian tertentu yang I anggap sebagai topic utama. Pada HTML terdapat 6 level heading mulai dari tag

sampai dengan

kalian juga  dapat menggunakan untuk mengatur ukuran pot, misalanya yang terbesar dengan

atau membuatnya paling kecil dengan

namun tag ini bukan digunakan untuk keperluan tesebut.

1 komentar

  1. keren kang,... jadi ngerti banyak lagi nii.. kadang yg basic malah sering terlupakan :)

    Belajar Photoshop

    BalasHapus

 

Iklan Abdi

Blogger news

Blogroll

Most Reading