Diberdayakan oleh Blogger.

Hikmat Ramadhan / Makna Ramadhan

Kamis, 28 Juli 2011

Mungkin Kalian sudah pada tahu apa itu Bulan Puasa? yaa saya sekedar mengingatkan saja mungkin teman – teman udah pada lupa arti puasa itu apa…kan kita bentar lagi atau kurang lebih 4 hari lagi kita mau memasuki Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa naah apa sih arti dari Bulan puasa atau bulan Ramadhan itu, Percuma kan! kalau kita puasa tapi enggak tahu maksudnya puasa itu apa.?? Sekarang saya akan jelaskan pengertiannya dan definisinya buat para Blogger atau temen yang lain walaupun kurang jelas tapi mungkin bermanfaat bagi anda cekidot…..
1. ARTI PUASA / SHAUM
Puasa adalah menahan makan dan minum serta hal –hal yang membatalkan puasa itu sendiri, mulai dari terbit Fajar sampai dengan terbenamnya matahari dengan niat dan memenuhi syarat – syarat tertentu
Atau kalau dalam istilahnya puasa yang di lakukan pada Bulan Ramadhan (kalender Hijriyah) selama satu bulan penuh (29 atau 30 ) hari.
2. SYARAT – SYARAT WAJIB PUASA
Orang yang wajib berpuasa atau di wajibkan puasa atas orang – orang : Islam, Baligh, Berakal sanggup mengerjakannya, suci dari hadats besar (haid/nipas), Bukan musafir (dalam perjalanan jauh)
3. RUKUN PUASA
Niat pada malam hari
Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari.
4. HAL – HAL YANG MEMBATALKAN PUASA
Hal – hal yang membatalkan Puasa antara lain : makan, minum atau memasukkan sesuatu kedalam lubang rongga badan, muntah dengan sengaja, Haid dan Nifas ( di siang hari), keluar mani dengan sengaja atau bersenggama di siang hari
5. ORANG YANG DI PERBOLEHKAN TIDAK BERPUASA
Orang sakit, boleh berbuk tetapi wajib Qadla
Orang yang sedang berpergian jauh (musafir), tapi wajib Qahla
Orang yang sedang hamil atau menyusui, tapi wajib Qadla
Orang ynag telah tua dan tak kuat lagi berpuasa, tidak perlu mengQadla, akan tetapi dengan membayar Fidyah sebanyak ¾. Liter setiap harinya.
6. SUNNAH PUASA
Menyegarakan berbuka Puasa setelah masuk waktu Magrib.
Melambatkan makan Sahur sebelum terbit Fajar
Membaca Do’a ketika berbuka Puasa

7. HIKMAT PUASA
supaya berperangai luhur dan mengontrol nafsu
dapat menguasai diri
dapat memegang amanah
membiasakan sabar dan tahan ujian
menjaga kesehatan
agar tidak mudah di pengaruhi benda
menanamkan cinta kasih sesame manusia
menyuburkan rasa syukur kepada Allah Swt
dan masih banyak lagi kalo menurut saya. Pokonya segala sesuatu jadi positif

Cukup sekian Penjelasan tentang puasa walaupun singkat tapi padat kan itung – itung kita menghafal lagi, saya percaya Teman teman pasti sudah tahu bahkan sudah di luar otak penjelasan kaya gini mah.. mungkin bermanfaat bagi saya Khususnya umunya buat temen – temen yang baca artikel ini. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1432 H/2011M semoga amal ibadah kita di terima di sisi Allah SWT..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Iklan Abdi

Blogger news

Blogroll

Most Reading